dinsdag 30 oktober 2012

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan - Menikmati daging buah manggis yang berwarna putih rasanya mak nyuus manis dan sangat menyegarkan. Dan umumnya setiap kali habis makan buah manggis kulitnya di buang begitu saja. Padahal kulit manggis memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Kulit manggis mangandung zat oksidan dan berguna sekali untuk melawan radikal bebas. Dari beberapa penelitian telah menunjukkan kalau kulit buah manggis mempunyai khasiat untuk berbagai pengobatan penyakit.

Pasti Anda pernah merasakan segarnya buah manggis kan ? :) Kalau belum coba deh beli dan rasakan hehehe. Pernah mencoba makan kulitanya juga? Pasti belum pernah kan :) Selama ini orang hanya merasakan Khasiat Buah  manggis yang memang nikmat dan segarn dan belum banyak yang tahu kalau kulit manggis ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Pada kulit buah manggis terkandung senyawa yang bernama xanthone. Xanthone ini merupakan zat antioksidan dan bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Dari hasil penelitian juga telah menunjukkan, senyawa xanthone ini mempunyai sifat sebagai antidiabetes, sebagai antikanker, peradangan, anti bakteri , anti fungi, anti plasmodial, dan untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh.

Agar Anda dapat merasakan manfaat dan khasiat dari kulit buah manggis ini Anda bisa membuat ramuan alami dari kulita manggis dan berkhasiat buat kesehatan. Caranya juga tidak terlalu sulit, yang pertama Anda bisa cuci yang bersih kulit buahnya, lalu potong saja menjadi 2 bagian. Selanjutnya rebuslah potongan tersebut ke dalam kira kira 4 gelas air hingga mendidih dan menjadi kira-kira sekitar 2 gelas air. Selanjutnya saringlah air rebusan dari kulit buah manggis tadi dan minumlah 2 hingga 3 kali sehari.

Harap di perhatikan juga, walaupun kulit manggis punya banyak khasiat dan manfaat tetapi kita juga harus tetap berhati-hati karena pada kulit buah manggis juga mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. Gangguan pada ginjal serta usus dan juga organ lainnya bisa timbul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik. Kalau postingan dulu blog ini sudah berbagi informasi mengenai Buah Sirsak dan buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Pengobatan Penyakit  berikut ini manfaat dan khasiat dari kulit buah manggis :

1. Khasiat kulit manggis untuk menghambat penuaan
Ada penelitian lain kalau zat antioksidan alami yang ada dalam kandungan buah manggis ternyata juga dapat menghambat proses penuaan karena zat ini dapat memperbaiki jaringan sel tubuh.

3. Manfaat kuliat buah manggis sebagai Anti kanker
Selain berfungsi sebagai anti oksidan, khasiat xanthone ini juga sebagai anti kanker. Ekstrak pada kulit manggis bersifat antiproliferasi yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, di samping itu ekstrak pada kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.

4. Untuk menyehatkan mata, rambut dan kulit
Dari hasil suatu penelitian yang di lakukan oleh pakar nutrisi yang berasal dari Amerika, buah manggis bisa membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.

5. Untuk meningkatkan stamina dan tenaga
berkhasiat untuk penyerapan dan metabolisme protein dan juga karbohidrat sehingga bisa membantu dalam menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

Demikian informasi mengenai manfaat dan khasiat dari kulit buah manggis, tak menyangka kan kalau buah manggis yang rasa buahnya nikmat ini ternyata kulitnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita :)

Geen opmerkingen:

Een reactie posten