dinsdag 30 oktober 2012

Motif Batik Madura Dan Ciri Khas Batik Dari Madura

Motif Batik Madura Dan Ciri Khas Batik Dari Madura - Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin lebih mengenal batik Pekalongan, solo atau Batik Yogyakarta yang gaungnya memang sudah di akui karena ke tiga daerah tesebut memang banyak pengrajin batik. Tapi ada juga beberapa daerah lain di Indonesia ini di mana produk kain batik di buat. Sebut saja batik Cirebon, Batik Bali, Batik Madura serta beberapa daerah lain. Dan setiap batik yang di hasilkan oleh masing masing daerah tentu memiliki ciri khas masing masing. Contohnya adalah Batik dari Madura yang akan di bahas di sini. Salah satu Ciri khas batik yang berasal dari Madura adalah terdapat banyak garis yang menghiasi desian dari batik itu sendiri. Dan contohnya bisa di lihat pada gambar motif batik Madura yang ada di bawah ini.

Batik yang berasal dari tiap daerah di Indonesia memang mempunyai ciri khas masing masing dan biasanya mewakili daerah asal batik. Coba lihat beberapa contoh Motif Batik Indonesia ini. Dan umumnya tiap motif batik memiliki makna serta filosofi sehingga akan menghasilkan kekhasanya yang dipengaruhi oleh lingkungan asal batik di buat seperti motif batik Solo atau Batik Pekalongan .

Gambar Motif Batik Madura

Motif batik Madura

Ciri Khas batik Madura

Motif Batik adalah menjadi bagian kritikal dari saat pemrosesan pembuatan kain batik itu sendiri. Dari goresan canting serta gerak tangan pembuatnya mampu melibatkan pikiran dan juga perasaan dari pembuatnya. Dari apa yang telah di goreskan di kain batik oleh pembuat batik inilah yang nantinya akan menjadi motif yang akan sangat menarik sekali dan mengundang minat pecinta batik.

Sama seperti Motif Batik Solo atau daerah lain di Madura juga ada beragam Motif batik Madura. Motif batik yang tergores pada kainnya bisa diambil dari motif tumbuhan, gambar binatang, dan bisa juga motif batik yang akan di buat merupakan kombinasi karena hasil kreasi pengraijin batik itu sendiri. Beberapa contoh motif batik dari daerah Madura ada motif Sekarjagat dari Pamekasan, kemudian Keong Mas, kemudia motif Daun Memba (daun mojo) dll. Dan di antara motif batik Madura yang ada sebagian juga telah di patenkan.

Dengan mengenal batik Madura ini akan menambah wawasan kita akan Motif Batik Nusantara yang jumlahnya tentu sangat banyak sekali.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten